Visi, Misi dan Tujuan

Profil Prodi Tadris Matematika
Sesuai dengan Rencana Strategis Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, maka dirumuskan Visi sebagai berikut:
“Mengembangkan ilmu pendidikan matematika bertaraf internasional yang berorientasi siber dan kearifan lokal”
Berdasarkan visi di atas yang dimaksud dengan ilmu pendidikan Matematika, nilai keislaman, perkembangan teknologi, kearifan lokal dan intergrasi ilmu pengethuan adalah sebagai berikut.
- Ilmu Pendidikan Matematika: Ilmu yang mempelajari cara mengajarkan dan memahami konsep-konsep Matematika secara efektif, mencakup pendekatan pedagogis, strategi pembelajaran, asesmen, dan inovasi pendidikan dalam konteks pembelajaran Matematika.
- Bertaraf Internasional: Standar kualitas yang diakui secara global, mencakup kurikulum, lulusan yang kompeten, penelitian, publikasi, pengabdian kepada masyarakat, serta kolaborasi dengan institusi atau pakar internasional dalam bidang pendidikan matematika.
- Berorientasi siber: Kemajuan dalam bidang teknologi yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika, seperti penggunaan multimedia, laboratorium virtual, kecerdasan buatan, dan platform digital dalam pendidikan dan pengajaran matematika.
- Kearifan lokal: Integrasi nilai budaya dan sosial dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan etnomatematika dan moderasi beragama. Etnomatematika mengkaji penerapan konsep matematika dalam budaya lokal, sementara moderasi beragama, yang khas di lingkungan PTKI, menanamkan nilai-nilai keislaman dan toleransi dalam pendidikan matematika.
Untuk mewujudkan visi di atas, Strategi Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon memiliki Misi sebagai berikut:
- Mengintegrasikan teknologi digital dan Internet of Things (IoT) dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, inovatif, dan berbasis teknologi, sejalan dengan perkembangan pendidikan di era 4.0.
- Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan berstandar internasional, dengan fokus pada pengembangan kurikulum matematika serta implementasi teknologi dalam pembelajaran, dan memastikan kebermanfaatan hasil riset untuk masyarakat global. Selain itu, mempublikasikan hasil riset di jurnal terindeks internasional.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada penerapan ilmu pendidikan matematika berbasis teknologi digital, moderasi beragama, dan kearifan lokal untuk membantu masyarakat meningkatkan literasi matematika dan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
- Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, riset, dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk mendukung kegiatan tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat), serta mendorong pencapaian akreditasi internasional secara berkelanjutan.
Untuk mewujudkan visi dan misi di atas, Strategi Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon memiliki Tujuan sebagai berikut:
- Terwujudnya lingkungan pembelajaran matematika yang interaktif, inovatif, dan berbasis teknologi melalui integrasi teknologi digital dan Internet of Things (IoT), sehingga mampu menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Matematika.
- Menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang berstandar internasional, khususnya dalam pengembangan kurikulum matematika dan implementasi teknologi dalam pembelajaran, serta memastikan hasil riset dapat dipublikasikan di jurnal terindeks internasional dan memberikan manfaat bagi masyarakat global.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pendidikan matematika berbasis teknologi digital, moderasi beragama, dan kearifan lokal, guna meningkatkan literasi matematika dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari.
- Memperluas jaringan kerjasama dengan lembaga pendidikan, riset, dan industri, baik nasional maupun internasional, untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) serta mendorong pencapaian dan pemeliharaan akreditasi internasional secara berkelanjutan.