Tadris Matematika Gelar Rapat Tim Pengembang Kurikulum Awal Semester Ganjil 2025/2026
Cirebon, 23 Juli 2025 — Dalam rangka mengawali semester ganjil tahun akademik 2025/2026, Jurusan Tadris Matematika UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon kembali menyelenggarakan Rapat Tim Pengembang Kurikulum. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya strategis jurusan untuk memastikan kurikulum yang digunakan tetap relevan, adaptif, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan serta tuntutan masyarakat.
Rapat dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Juli 2025, pukul 08.00 WIB, bertempat di ruang pertemuan jurusan. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Jurusan Tadris Matematika, Sekretaris Jurusan, para dosen pengampu mata kuliah inti, serta pendamping dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Dalam sambutannya, Arif Abdul Haqq selaku Ketua Jurusan Tadris Matematika menyampaikan bahwa agenda pengembangan kurikulum merupakan implementasi dari arahan Rektor UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon agar setiap jurusan secara aktif dan sistematis melakukan peninjauan serta penyempurnaan kurikulumnya.
“Kami ingin memastikan kurikulum Tadris Matematika selalu relevan dengan perkembangan zaman, khususnya dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21 yang menekankan integrasi keilmuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat. Termasuk di dalamnya, kesiapan menghadapi perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang kini mulai berdampak pada cara belajar, cara mengajar, hingga cara berpikir generasi sekarang ” ujar Arif Abdul Haqq
Rapat ini dihadiri oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, tim pengembang kurikulum, serta perwakilan dari LPM dan fakultas. Tim pengembang kurikulum terdiri dari dosen-dosen dengan berbagai keahlian dalam bidang pendidikan matematika, mulai dari desain pembelajaran, teknologi pendidikan matematika, hingga kajian asesmen dan evaluasi pembelajaran matematika.
Pengembangan kurikulum kali ini diarahkan untuk lebih adaptif terhadap tantangan digitalisasi, penguatan capaian pembelajaran (CPL), serta keterpaduan antara teori dan praktik di lapangan.